Kamis, 19 November 2015

Rihanna

Rihanna

658897-rihanna
Nama Lengkap: Robyn Rihanna Fenty
Alias: Rihanna
Tanggal Lahir: 20 Februari 1988
Tempat Lahir: St. Michael, Barbados
Zodiac: Aquarius
Tinggi Badan: 172.5 cm
Kewarganegaraan: Barbados
Ayah: Ronald Fenty (Pengawas gudang)
Ibu: Monica Fenty (Akuntan)
Saudara: Rorrey (adik), Rajad Fenty (adik)
Kekasih: Chris Brown (penyanyi), Matt Kemp (atlit baseball, 2010)

Biografi

Robyn Rihanna Fenty atau yang lebih dikenal dengan Rihanna lahir di Saint Michael, Barbados, 20 Februari 1988 adalah seorang penyanyi R&B asal Barbados. Ayahnya, Ronald Fenty, bekerja sebagai kepala gudang sementara ibunya,  Monica Fenty adalah seorang akuntan. Rihanna merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Rihanna memiliki dua adik laki-laki bernama Rorrey dan Rajad Fenty.
Kecintaannya dalam dunia tarik suara sudah dimulai sejak dia masih belia. Beranjak remaja, Rihanna yang bersekolah di Charles F. Broome Memorial School membentuk grup musik bersama dua orang temannya. Tak lama setelh itu, seorang teman memperkenalkan dirinya dan dua personil grupnya pada produser single NSYNC, “God Must Have Spent A Little More Time on You”, Evan Rogers. Grup musik tersebut kemudian diaudisi oleh Evan. Saat mengaudisi, Evan mengaku hanya Rihanna yang menarik minatnya. Sementara kedua orang teman Rihanna tidak membuat Evan terkesan.
Beberapa tahun kemudian, Rihanna dan ibunya berkunjung ke rumah Evan di Stamford, Connecticut. Usai berkunjung, Rihanna memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat dan tinggal di rumah Evan dan istrinya demi menekuni karirnya sebagai penyanyi. Selain Evan,  produser yang juga partner Evan, Carl Sturken, juga turut membantu mengerjakan empat demo lagu Rihanna diantaranya, “Last Time” dan single yang kemudian menjadi hits, “Pon de Replay”.
Setelah demo lagu itu selesai direkam dan diedarkan ke beberapa label rekaman terkemuka, akhirnya demo lagu itu berhasil menarik minat label rekaman Def Jam Recordings. Rihanna kemudian menandatangani kontrak sebagai salah satu penyanyi yang bernaung di label rekaman yang kini menjadi bagian dari Universal Music Group.
Tiga bulan berselang, Rihanna merilis debut album pertamanya, “Music of the Sun” (2005). Album R ‘n’ B yang mengusung musik dance pop, reggae pop dan musik karibia ini meraih sukses dan berhasil terjual sekitar 69.000 copy di pekan pertama. Beberapa single dalam album tersebut, seperti “Umbrella” dan “Pon de Replay” berhasil menduduki peringkat pertama di tangga lagu internasional.
Setelah sukses dengan album pertamanya, Rihanna kemudian merilis beberapa single yang menjadi hits diantaranya “Russian Roulette” dan “Rude Boy”. Namanya semakin melejit setelah Rihanna meraih Grammy 2008 untuk kategori Best Rap/Sung Collaboration lewat single yang ia bawakan bersama Jay-Z, “Umbrella”.
Tahun 2010, Rihanna berhasil meraih dua penghargaan Grammy untuk kategori Best Rap/Sung Collaboration dan Best Rap Song lewat single yang ia bawakan bersama Jay-Z dan Kanye West, “Run This Town”. Dalam karya-karyanya, Rihanna banyak terinspirasi oleh penyanyi senior yang menjadi idolanya seperti, Janet Jackson, Mariah Carey dan Beyonce Knowles.
Terkait kehidupan pribadinya, Rihanna pernah menjalin kasih dengan Chris Brown dan sempat menjadi korban kekerasan kekasihnya tersebut. Rihanna pernah batal tampil di ajang Grammy Awards 2009 akibat pemukulan yang dilakukan Chris. Penganiayaan itu bermula saat Rihanna marah karena Chris menerima pesan singkat (SMS) dari wanita lain. Mereka kemudian terlibat pertengkaran hebat dan Rihanna yang merasa marah kemudian melempar kunci mobil Chris keluar mobil. Akibatnya, Chris naik pitam dan mencekik serta meninju wajah Rihanna.
Rihanna kemudian melaporkan kejadian itu ke polisi. Tak lama kemudian, Chris menyerahkan diri ke polisi dan harus menjalani sidang. Dari laporan pengadilan di Los Angeles, Chris terbukti bersalah dan mendapat hukuman lima tahun masa percobaan dan diperintahkan untuk menjauhi Rihanna.
Putus dari Chris, Rihanna dikabarkan sempat rujuk dengan Chris. Namun, tak lama kemudian dia malah dikabarkan menjalin hubungan khusus dengan pemain baseball Los Angeles Dodgers, Matt Kemp.
Selain sibuk sebagai seorang penyanyi, Rihanna juga mendirikan yayasan sosial bernama Believe Foundation. Yayasan yang didirikan tahun 2006 itu bertujuan untuk membantu kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia terutama dalam bidang kesehatan. Rihanna pernah menggelar konser amal “A Girl’s Night Out” (2008) untuk menggalang dana bagi anak-anak terlantar.
source:http://uniqpost.com/profil/rihanna/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar